Minggu, 27 Oktober 2013

DATA YANG DIPERLUKAN UNTUK COMPARATIVE MARKET ANALYSIS SEBUAH PROYEK PERUMAHAAN



ini contoh format bisnis plan..kalo tinggal insert format excelnya dan anda tinggal utak atik...gw udah rada males cari2 tahu..ini gw buatkan aja yach

I. COMPARATIVE MARKET ANALYSIS
format ini memanjang dan isinya

- no
- nama perumahan : rencana perumahan yang akan kita buat dan juga beberapa kompetitor, lebih baik apple to apple....data inputan
- kode, misal PGR 25/60, SIP 22/60, GSR 24/60, BI 22/60....data inputan
> PGR 25/60 ini rencana rumah kita PGR = parung griya residence dan 25/60 menunjukkan tipe rumah
> SIP 22/60,GSR 24/60, BI 22/60 adalah kompetitor terdekat...bro perhatikan apple to apple tipe rumahnya misal SIP = SAWANGAN INDAH PRATAMA, GSR = GRIYA SAWANGAN RESIDENCE, BI = BOJONG INDAH
- luas bangunan, spt diatas maka pgr = 25 m2, sip = 22 m2, gsr = 24 m2....data inputan
- luas tanah, spt diatas pgr = 60 m2, sip = 60 m2 dst.....data inputan
- harga jual include ppn 10%
- harga jual exclude ppn 10%...ini yang menjadi data inputan
- harga bangunan/m2....data inputan...estimasi berdasarkan pengalaman
karena desain rumah/denah belum ada...kalo gak tahu tanya2 ke kontraktor
- harga bangunan total...gunakan rumus = luas bangunan x harga bangunan./m2
- harga kavling...gunakan rumus : harga jual excl. ppn - harga bangunan
- harga kavling/m2 : harga kavling/luas kavling unit rumah tsb
- penjualan unit/bulan...data inputan untuk pesaing ditanyakan marketingnya

II. COMPARATIVE PRODUCT ANALYSIS
format ini bentuknya memanjang dan isinya

- no
- faktor...faktor yang kita komparasi misal
> lingkungan dan sarana
> akses lokasi dan lingkungan sekitar
> fasilitas dalam kompleks
> desain dan tata ruang
> kualitas bahan bangunan
> silahkan anda bisa tambahkan lagi
- bobot...disini dari pengamatan anda maka perlu dibuatkan persentase kepentingan ( jumlah harus 100% ) menurut kacamata konsumen dan yang ada di lapangan juga bandingkan dengan rtrw ( rencana tata ruang wilayah ) misal yang paling penting akses lokasi dan lingkungan sekitar persentase 25%, lalu lingkungan dan sarana 20%,fasilitas dalam kompleks 15%, desain dan tata ruang 20%, kualitas bahan bangunan 20%
- nama2 perumahan dan tipe rumahnya...komparasinya apple to apple spt contoh tsb diatas lalu dibawahnya adalah data inputan dari hasil perhitungan pengamatan

1. lingkungan dan sarana
formatnya memanjang dan isinya anda bisa tambahkan sendiri

- no
- faktor, ditulis kebawah misalnya
> sistem cluster dan satpam lalu kita buatkan skala peniliain misal untuk
0 = tidak cluster dan tidak ada satpam lalu 1 = hanya satpam 2 = cluster dan satpam...dari hasil pengamatan kita isikan nilai tsb diatas
> keamanan daerah sekitar, 0 = tidak aman, 1 = cukup aman, 2 = sangat aman
> ruang terbuka, 0 = gersang,1 = biasa,2 = sangat hijau
> ketenangan suara, 0=berisik,1=biasa, 2=tenang
> kesegaran udara

dan lain lain nya

file pra bisnis plan yang gw kasih itu berdasarkan hanya peta lokasi jadi belum ada site plan,blok plan,gambar rumah dll masih peta buta dan data2 dari pesaing
tapi data yang pasti KDB 60:40...
- spesifikasi bangunan pesaing
> dinding bata engkel ( dinding satu untuk berdua )
> genteng beton kelas menengah
> kusen : kusen kayu semua
-- makanya gw taksir harga borongannya 1,65 jt/m2...ini berdasarkan pengalaman

- spesifikasi bangunan rencana perumahan yang gw buat
> dinding bata double
> genteng beton kelas atas merk monier
> kusen : semua kusen aluminium warna white satin tebal 1 mm
--- makanya gw taksir harga borongan 1,9 jt/m2...gw pernah kasih ke kontraktor hanya 1,85 jt/m2 tahun 2009

kunci utama dari file bisnis plan tsb ada di harga tanah/m2 juga harga jual dan value
usahakan value rencana perumahan kita sama atau lebih besar dari value nya pesaing dan harga kita harus lebih murah...

-- value kita sama maka harga jual kita harus lebih murah dari pesaing bila perlu 20% lebih murah tapi kita tetap untung...inilah seninya.

--value kita lebih besar dan harga kita sama dengan pesaing atau lebih tinggi dan seberapa pantas selisihnya..ini juga seninya..

usahakan di grafik rencana perumahan kita adanya di kuadran sebelah kanan ( kalo gak salah di kuadran 2 dan 4 yach...istilah yang suka dipakai robert t kiyosaki )
tapi tetap harus diingat konsumen adalah raja...jadi kita mesti tahu bagaimana caranya melayani raja supaya dia "tertarik" dengan kita

kalo lebih canggih lagi kita usahakan dapat data statistik mengenai kepadatan penduduk setempat, pendapatan rata2 penduduk setempat, pendidikan, suku/ras,usia,agama ( data statistik dari pemkot/pemda setempat)
kalo lebih gila lagi...anda amati lewat mbah google earth yang real time tandai macam2..mulai pesaing luas lahannya berapa, rumah yang sudah terbangun lalu jumlah sarana pendidikan,ibadah dll juga jaraknya ke pesaing dan lokasi kita, jarak akses ke tol,spbu,pasar dll..pokoknya selengkap2 nya

KARENA GW PERCAYA KATA2 INI " YANG MENGUASAI BANYAK INFORMASI DENGAN AKURAT DAN CEPAT DAN BENAR MENGELOLANYA MAKA IA YANG AKAN BERKUASA/MENJADI PEMENANG "

kapan2 gw share rab rumah tipe 25/60 kenapa dapat harga borongan 1,9 jt/m2 padahal tidak ada gambar ( tampak,denah,potongan )..kalo bro2 terbiasa melihat banyak rumah dan terbiasa menghitung rab nya lalu sering mengamati rumah/ruko/bangunan apapun milik orang lain saat bertamu/pesta/kimpoian/arisan dsb maka ngerti dech yang gw maksud...otak manusia ini super...super...canggih banget dech...tapi sekarang gw sudah menurun tapi gw tahu cara ngajarin buat anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar