Minggu, 04 Agustus 2013

Baru 4 Ruas Jalan Tol Trans Sumatra yang Siap Dibangun

 


ilustrasi: (foto: Okezone) JAKARTA - Pemerintah kembali melakukan pembahasan proyek pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan ada empat dari 24 ruas jalan tol Trans Sumatera yang sudah siap dan mendesak untuk dikerjakan tahun ini.

Keempat ruas tersebut antara lain Medan-Binjai, Pekanbaru-Dumai, Indralaya-Palembang dan Bakaheuni-Lampung. Hatta mengatakan keempat ruas tersebut akan ground breaking pada bulan Oktober dan September.

"Keempatnya ruas tersebut akan ground breaking bulan Oktober dan September," Kata Hatta di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (11/7/13).

Hatta menambahkan pemerintah telah menugaskan perusahaan yang 100 persen sahamnya dimiliki negara untuk mengerjakan  keempat ruas tersebut. Pada kesempatan sebelumnya Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan yang tugaskan mengerjakan proyek tersebut adalah PT Hutama Karya.

Lebih lanjut, Hatta mengatakan Perusahaan BUMN yang telah ditugaskan sudah siap mengerjakan keempat ruas jalan tol tersebut. Dia mengatakan setelah keempat ruas dikerjakan, secara bertahap akan diteruskan ke 23 ruas jalan tol Trans Sumatra sepanjang 2.700 km.

Dalam kesempatan yang sama, menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengatakan sebelumnya pihaknya telah melakukan uji kelayakan atau feasibility terhadap 23 ruas jalan tol Trans Sumatra.

Berdasarkan Fasibility tersebut, dia mengatakan ke 23 ruas tersebut layak dibangun secara ekonomi, namun belum siap secara finansial. "Makaya kita putuskan empat ruas sudah siap," tukasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar