Kamis, 15 Agustus 2013

Berapa Biaya Membangun Rumah Per m2?

Itu adalah pertanyaan yang sangat sering kami terima dari calon klien kami. Sebuah pertanyaan yang umum, namun tidak ada jawaban yang pasti. Menanyakan hal itu seperti halnya Anda menanyakan berapa biaya kuliah di perguruan tinggi? atau, berapa biaya berwisata ke Bali?
Angkanya bervariasi pada setiap orang, karena variabelnya begitu banyak. Kita tidak mungkin menjawabnya secara akurat tanpa terlebih dahulu memiliki sejumlah informasi tambahan yang diperlukan.
Dari pengalaman kami, biaya untuk membangun rumah baru kategori sedang-atas (tidak mewah) berkisar antara Rp4 juta – Rp5 juta per m2. Biaya itu adalah rata-rata kasar dengan membagi nilai proyek keseluruhan dengan luas lantai bangunan. Jadi, rumah seluas 400 meter persegi dengan biaya konstruksi total sebesar Rp1,6 miliar memakan biaya Rp4 juta per meter persegi. Bila Anda menambahkan Rp 400 juta untuk kitchen set (dapur indah), sebuah kamar mandi utama yang elegan, ubin marmer di ruang depan, sebuah tangga melengkung yang mewah atau kusen jati di jendela dan pintu utama, biayanya akan menjadi Rp5 juta per meter persegi.
Salah satu penentu besar-kecilnya biaya adalah struktur rumah. Penggunaan besi standar SNI, standar non-SNI atau besi “banci” akan sangat memengaruhi biaya struktur. Pilihan jenis kerangka baja untuk atap, insulator, dan genteng juga turut berkontribusi. Belum lagi pilihan penutup lantai, dari yang keramik biasa, lantai kayu sampai marmer atau pualam, sangat bervariasi harganya. Biaya membangun rumah yang berukuran sama juga dapat bervariasi karena bentuk bangunan, jumlah sudut, jenis dan kedalaman pondasi dan karakteristik desain lainnya yang tidak secara langsung berkaitan dengan ukuran rumah.
Satu-satunya cara untuk memastikan berapa biaya yang perlu Anda anggarkan untuk membangun rumah adalah dengan meminta kontraktor Anda untuk membuat perhitungan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB). Tentu saja, sebelumnya Anda perlu menuangkan gagasan dan spesifikasi Anda ke dalam gambar rencana bangunan dengan bantuan seorang arsitek.
Masalahnya, tidak semua orang memiliki dana untuk membangun rumah yang tepat sesuai keinginannya. Pada kebanyakan orang, yang lebih realistis adalah menentukan berapa banyak biaya yang mungkin sanggup Anda keluarkan dan menyesuaikan spesifikasi dengan angka tersebut. Untuk itu, Anda harus realistis mengenai ukuran rumah yang Anda butuhkan dan pernak-pernik apa yang ada di dalamnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar