Jumat, 02 Agustus 2013

Kasus Anak Jenderal, Twitter Sanksi Ampuh

Kasus Anak Jenderal, Twitter Sanksi Ampuh
Mobil Suzuki Ertiga Nopol B 1497 TZW yang menerobos portal jalur busway Koridor XI, Jalan Raya Bekasi Timur
 Jakarta:Kepala Badan Layanan Umum Transjakarta Pargaulan Butarbutar menganggap foto yang diunggah di twitter menjadi sanksi sosial yang ampuh bagi orang-orang yang nekad melintasi jalur Busway. Cara ini dinilai lebih ampuh daripada berdebat dengan orang tersebut.

"Dari pada otot dilawan ngotot, mending langsung difoto aja mobil si orang yang maksa masuk," kata Pargaulan kepada Tempo, Kamis, 1 Agustus 2013. Setelah itu Pargaulan melanjutkan foto langsung dikirim ke @BLUTransjakarta. "Biar nanti di-tweet oleh kantor kan yang follow akun kami banyak tuh bisa lihat semua," ujar Pargaulan.

Cara seperti ini, menurut dia, bisa menjadi sanksi sosial. Bahkan dia melanjutkan masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam laporan semacam itu. Kasus terakhir adalah remaja mahasiswa yang mengaku anak jenderal. Belakangan diketahui dia anak wiraswastawan.

Kasus terakhir menimpa seorang ibu-ibu yang memaksa masuk portal. Si ibu ini sudah ditilang oleh polisi karena plat mobilnya terekam. Pargaulan berharap cara ini efektif sebagai kontrol bersama karena melibatkan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar