Rabu, 14 Agustus 2013

Cara Menaklukkan Bos Anda

menaklukkan bossAnda bingung menghadapi sikap bos di kantor? Sulit untuk memenangkan hati bos dan membuat ia menghargai hasil kerja Anda dengan baik? Sulit menghadapi bos yang hobi marah-marah? Apa yang harus Anda lakukan? Berikut ini beberapa tips sukses menaklukkan bos Anda..
Jika bos galak.
Tipe bos macam ini pasti tidak sulit ditemukan dimana pun. Banyak julukan bagi bos-bos semacam ini seperti ‘The Killer’ atau ‘si Pedas’ semuanya karena kegalakannya dan ia tidak segan-segan untuk mengeluarkan kata-kata pedas menusuk seperti pedang. Ia tidak akan segan untuk memanggil Anda dan mengkritik Anda habis-habisan meski Anda sedang berada di kafetaria, tempat yang ramai. Tipe bos galak seringkali membuat Anda drop dan menjatuhkan prestasi kerja Anda.
Tips sukses:
Jangan pernah terbawa perasaan kesal dan emosi setiap kali karyawan rajin berhadapan dengan tipe bos galak! Meski rasanya Anda sudah sangat tidak tahan untuk membalas semua kritikannya, atau bahkan ingin menangis. Anda harus tetap tenang, sebisa mungkin ‘stay cool!’. Bos-bos galak biasanya memiliki ego yang tinggi sehingga jika Anda terpancing emosi ia malah akan merasa menang. Jika Anda dimarahi memang karena Anda melakukan kesalahan, maka jangan pernah memberikan alasan panjang lebar padanya. Utarakan secara ‘to the point’ mengapa Anda sampai melakukan kesalahan itu. Jangan takut untuk berhadapan dua mata dengan si bos galak dan berbicara secara langsung untuk meminta saran atau menerima berbagai kritik darinya.
.
Jika bos suka mencari kambing hitam.
Tipe bos macam ini sangat suka menimpakan kesalahan pada anak buahnya setiap ada masalah, padahal belum tentu anak-anak buahnya yang tidak becus. Ia seringkali tidak konsisten dalam melaksanakan pekerjaannya, tidak konsisten dalam memberikan solusi pemecahan masalah, tidak pula konsisten dalam menetapkan aturan. Namun, jika tiba saatnya evaluasi kerja, jangan harap ia akan mengakui ketidakkonsistenannya itu apalagi mengharapkan ia menjadi back up untuk Anda. Ia justru akan menyerang Anda dan menyalahkan Anda. Pasti kesal sekali rasanya!
Tips sukses:
Diam-diam mau pun terang-terangan, catatlah semua instruksi yang pernah ia berikan, semua aturan yang pernah ia tetapkan, dan semua hal terkait target kerja yang pernah ia katakan. Jika sikapnya sudah sangat kelewatan, maka tidak ada salahnya untuk merekam semua hal yang ia katakan. Saat evaluasi, catatan atau rekaman tersebut bisa Anda jadikan bukti bahwa Anda telah bekerja dengan baik sesuai instruksi.
.
Jika bos super perfeksionis.
Tipe bos seperti ini memiliki banyak tuntutan kerja yang mendetil. Ia ingin target-target yang ia canangkan semuanya terpenuhi dengan sempurna. Saking perfeksionisnya, ia tidak akan pernah kehabisan tugas untuk diberikan pada Anda dan terkadang meski target sudah terpenuhi ia tetap merasa ada yang kurang. Tentu saja hal ini membuat Anda pusing dengan tumpukan tugas yang tidak ada henti-hentinya.
Tips sukses:
Anda harus paham bahwa tipe bos seperti ini memang lebih memperdulikan hasil dari pada proses. Jadi, ia tidak akan peduli seberapa banyak energi dan pikiran Anda yang dikuras habis untuk memenuhi semua target-targetnya. Yang harus Anda lakukan adalah memupuk kepercayaan diri Anda setinggi dan sebanyak sikap perfeksionis si bos untuk menghadapi semua komentarnya. Jika ia tetap merasa tidak puas, maka camkan dalam hati Anda bahwa itu bukan salah Anda jika Anda memang telah memberikan kinerja terbaik. Dengan tidak terlalu mengindahkan komentar-komentar bos yang tidak puas (tanpa harus meremehkan bos tentunya), prestasi kerja Anda pasti akan meningkat dengan baik.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar