Rabu, 14 Agustus 2013

Memaksimalkan Potensi Diri

potensi diriTuhan menciptakan manusia dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kekurangan dapat ditutupi oleh kelebihan, begitu pula sebaliknya. Setiap orang memiliki potensi diri, ini adalah kemampuan alami yang dimiliki manusia. Kelebihan atau potensi diri akan muncul jika Anda melatih potensi diri Anda dan sadar akan potensi diri yang Anda miliki. Potensi diri adalah hal yang perlu diasah, karena potensi diri tidak akan menjadi sebuah kelebihan jika Anda tidak memanfaatkannya. Potensi diri sangat dipengaruhi oleh perkembangan diri yang baik. Seperti, Anda terhadap lingkungan kerja. Jika Anda tidak bersosial dengan baik terhadap lingkungan Anda maka perkembangan diri Anda akan sulit terwujud.
Pengembangan diri adalah untuk mengidentifikasi bakat alami Anda. Mulailah dengan menanyakan pertanyaan pada diri Anda. apa yang Anda suka? Aktifitas apa yang membuat Anda semangat? Ini mungkin pertanyaan yang mudah bagi kebanyakan orang tapi cukup sulit bagi beberapa orang. Sebuah cara yang efektif untuk menemukan bakat apa yang Anda miliki adalah sebanyak mungkin mencoba setiap kesempatan yang datang pada Anda. Peluang dalam konteks ini mencakup semua kegiatan yang memungkinkan Anda untuk melihat hasil dari perkembangan diri Anda. Dari olahraga, hobi yang tidak biasa seperti memainkan alat musik padahal sebelumnya Anda tidak pernah memainkannya. Ini akan menantang diri Anda untuk menaikkan skill dan bisa mencoba hal-hal baru. Perbanyak aktifitas dan perluas pergaulan Anda merupakan cara perkembangan diri. Semakin besar kesempatan yang Anda coba, Anda akan mengetahui potensi diri Anda.
Motivasi diri merupakan dimensi spiritual yang dimiliki pada setiap pikiran manusia. Motivasi diri memang sangat diperlukan bagi pengembangan potensi diri. Kata kunci dari motivasi diri adalah berharap, percaya, atau memiliki keyakinan bahwa apa yang Anda lakukan itu akan berhasil. Sebagai contoh, seorang ahli bedah akan melakukan operasi yang mengancam jiwa pasiennya, ia berharap agar pasiennya tetap bertahan dan akhirnya sembuh. Hal yang sama juga berlaku untuk petugas polisi yang bertugas mengatasi tindak kriminal. Tanpa iman, dia mungkin akan merasa takut. Harapan, iman, dan keyakinan adalah beberapa konsep rohani untuk motivasi diri. Motivasi diri meningkatkan kepercayaan, memberikan Anda kekuatan ekstra untuk mewujudkan impian hidup Anda. Terlebih lagi, hal ini membantu Anda mempertahankan energi positif, tetap fokus, dan selalu kuat bertahan dari cobaaan. Semua ini terjadi karena motivasi diri.
Potensi diri akan terwujud jika Anda melakukan perkembangan diri. Perkembangan diri selalu diiringi oleh motivasi diri yang kuat. Semua orang memiliki potensi diri dalam dirinya. Potensi diri akan berguna jika Anda melakukannya untuk kebaikan orang lain. Intinya, potensi diri akan berkembang dan bermanfaat untuk Anda jika Anda memaksimalkan potensi diri Anda dengan baik dan dengan cara yang benar.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar