Rabu, 14 Agustus 2013

Tips Memotivasi Diri Sendiri

motivasi diriSetelah bekerja sekian lama, terkadang kita tidak dapat membohongi diri bahwa kita merasa jenuh dan bosan. Beragam faktor dapat menjadi pemicu kebosanan kita akan tetapi ternyata beragam faktor tersebut dapat dikerucutkan menjadi 1, hilangnya motivasi kerja kita. Hal ini merupakan hal yang lumrah dan manusiawi, mengingat sifat manusia yang pembosan dan mudah jenuh. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan kembali motivasi kerja kita?
1. Mencari tantangan baru adalah hal termudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan motivasi kerja kembali. Hal yang harus Anda ingat adalah mencari tantangan baru bukan berarti Anda harus keluar dan pindah pekerjaan. Anda tetap bisa menggali tantangan baru di pekerjaan lama Anda. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mencoba membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien. Anda bisa membuat SOP (standar operating procedure) Anda sendiri yang hanya diterapkan pada tugas-tugas pribadi di kantor. Ketika “skema” kerja baru yang Anda laksanakan berhasil, Anda akan mendapatkan motivasi baru kembali.
2. Motivasi baru juga dapat diperoleh dari keinginan mendapatkan bonus lebih dari pimpinan. Keinginan mendapatkan bonus merupakan motivator yang kuat untuk diri Anda sehingga mampu memaksa diri untuk bekerja dengan standar lebih dan lebih lagi.
3. Tips motivasi ketiga yang bisa Anda lakukan adalah memandang pekerjaan sebagai sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa memposisikan pekerjaan Anda sebagai hobi, bukan sebagai kewajiban. Memposisikan pekerjaan sebagai kewajiban terkadang justru mendatangkan beban yang tak ringan hingga menimbulkan tekanan psikologis yang melelahkan.
4. Andai ketiga tips motivasi diri di atas dianggap kurang pas, Anda bisa mencoba tips motivasi berikutnya. Tips motivasi ini adalah dengan menggunakan keluarga Anda sebagai motivator. Banyak pekerja yang mau bekerja keras, bahkan bekerja lembur dan mencari pekerjaan tambahan atas motivasi keluarga. Keinginan membahagiakan keluarga dapat menjadi motivator yang ampuh untuk Anda.
5. Sebagian orang mencoba mengkreasikan kata-kata motivasi yang ampuh untuk diri mereka sendiri. Masing-masing orang memiliki keunikan dalam pribadi mereka. Artinya, tiap manusia memiliki faktor pendorong yang berbeda. Anda bisa menciptakan kata-kata motivasi seperti slogan-slogan yang Anda rasa pas untuk diri sendiri dan dapat menuliskannya di tempat yang mudah terlihat seperti di atas tempat tidur, dipakai sebagai wall paper di handphone Anda, atau Anda bisa menciptakan kata-kata yang mudah untuk dihafal dan dilafalkan setiap saat Anda merasa jenuh.
Mungkin Anda masih mempertanyakan tips motivasi yang pas untuk diri Anda sendiri. Hal terpenting yang harus dilakukan bukanlah mencoba mengerti kata motivasi itu sendiri tetapi bagaimana kata motivasi itu bisa membuat Anda bangkit lagi dari kebosanan dan kejenuhan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar