Rabu, 14 Agustus 2013

Tips Melaporkan Kecurangan Rekan Kerja

rekan kerja korupsiKorupsi seolah sudah mendarah daging dalam kehidupan bangsa ini. Korupsi tak lagi monopoli orang-orang besar dengan fasilitas jabatan yang hebat. Saat ini, korupsi bahkan dilakukan oleh orang-orang kecil. Setiap kesempatan yang terlihat dijadikan media untuk masuk ke arena korupsi yang memang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Bagaimana Anda melaporkan tindakan teman kerja korupsi?
1. Jika Anda mendapati rekan kerja melakukan korupsi, pastikan Anda memperoleh dukungan fakta dan data yang lengkap serta akurat. Anda harus memastikan bahwa info yang Anda perolah bukan info samar dan kurang jelas yang hanya ditujukan untuk mendiskreditkan teman Anda tersebut. Jika Anda bekerja dalam satu bagian dengannya, tentu lebih mudah mendapatkan akses ke data pekerjaan yang Anda curigai telah dikorupsi.
2. Jika Anda mendapatkan data yang valid tentang kecurangan yang dilakukan oleh rekan kerja Anda, mulaikan melakukan “investigasi” kecil. Anda bisa mulai menanyakan kepada yang bersangkutan tentang kecurigaan Anda, tentu dengan kalimat-kalimat ringan untuk membuka obrolan. Dari obrolan tersebut, Anda bisa mengetahui cara curang yang dilakukannya untuk mendapatkan keuntungan sendiri. Beragam cara curang dilakukan oleh banyak oknum karyawan untuk mendapatkan keuntungan sendiri tanpa memikirkan bahwa apa yang dia lakukan berpotensi merugikan perusahaan. Kerugian perusahaan dapat berakibat fatal pada kelangsungan hidup perusahaan dan tentu hal tersebut berarti mengancam pekerjaan Anda.
3. Investigasi kecil Anda akan berujung pada sebuah kesimpulan. Anda dapat mencoba mengkonfrontasi kecurangan rekan tersebut dan menanyakan cara curang yang dilakukannya. Akan ada resiko yang harus Anda hadapi yaitu Anda mungkin harus menghadapi kekuatan banyak orang yang ternyata bersekongkol dalam kecurangan tersebut. Dalam sebuah skema cara curang untuk berkorupsi, boleh jadi ada banyak orang yang terlibat dan Anda harus mewaspadai mereka semua. Bukan tidak mungkin, mereka akan bersekongkol untuk menjatuhkan Anda yang dipandang sebagai orang yang memiliki potensi untuk melaporkan kecurangan mereka.
4. Langkah terakhir yang harus Anda tempuh adalah melaporkan kecurangan yang dilakukan pada atasan Anda. Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh untuk melaporkan kecurangan mereka. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa atasan Anda tidak terlibat dalam kecurangan tersebut. Obrolan ringan sebagai langkah awal pendekatan personal harus dilakukan sebelum Anda melaporkan kecurangan yang terjadi. Hal ini penting untuk menghindari anggapan ada kepentingan Anda yang diselipkan dalam laporan itu. Memastikan atasan bersih juga harus dilakukan untuk menghindari pembelokan isu dan tuduhan tersebut kepada diri Anda sendiri.
5. Melaporkan kecurangan, terlebih yang dilakukan teman sendiri membutuhkan keberanian ekstra. Pastikan Anda memiliki keberanian serta dukungan dari teman lain yang bersih. Anda tidak bisa melangkah sendiri dalam proses ini. Membangun kekuatan untuk membersihkan kecurangan juga perlu Anda lakukan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar