CNN.com International News

Rabu, 14 Agustus 2013

Tips Mencari Pegawai Baru

tips mencari pegawai baruPegawai adalah motor penggerak dalam suatu usaha. Maka sebaiknya memiliki pegawai dengan kemampuan dan keterampilan sesuai kebutuhan perusahaan tersebut. Pegawai yang memiliki penampilan menarik hingga pengalaman kerja dalam suatu bidang usaha sering menjadi ketentuan dalam mencari pegawai baru. Sebetulnya proses untuk memperoleh pegawai baru merupakan tantangan tersendiri bagi setiap perusahaan. Sebab mencari pegawai baru bukan hanya persoalan menyampaikan lowongan kerja dengan beberapa ketentuan. Tetapi suatu proses yang cukup panjang dan membutuhkan beberapa pengorbanan biaya yang tidak sedikit, belum lagi sering kali hasilnya mengecewakan. Pegawai yang tepat akan memberi pengaruh positif bagi perusahaan, demikian pula sebaliknya. Berikut merupakan beberapa tips mencari pegawai baru yang efektif.
1. Sebelum mempublikasikan lowongan kerja di perusahaan Anda. Sebaiknya menentukan kreteria apa saja yang sesuai dengan pekerjaan tersebut,contohnya pengalaman kerja di bidang tertentu dalam kurun waktu beberapa tahu atau calon pegawai fresh graduate, dan menentukan pula kreteria penampilan menarik yang diperlukan dalam perusahaan.
2. Lakukan kerjasama dengan perguruan tinggi setempat. Sehingga mahasiswa dapat melakukan kerja magang di perusahaan Anda. Selanjutnya bila Anda berencana mencari pegawai baru, tidak ada salahnya jika menyeleksi dari beberapa mahasiswa yang pernah melakukan kerja magang di perusahaan Anda. Selain mendapatkan pegawai dengan cara praktis dan menghemat biaya perekrutan pegawai, Anda dapat memperoleh pegawai yang memiliki pengalaman kerja.
3. Melakukan publikasi lowongan pekerjaan, baik melalui media cetak atau media elektronik. Hal yang perlu diperhatikan adalah menyesuaikan jenis media dengan lowongan pekerjaan yang akan dipublikasikan. Misalnya perusahaan sedang mencari koki yang handal maka lowongan kerja dapat dipublikasikan pada majalah atau tabloid masakan atau kuliner. Jika membutuhkan tenaga manager keuangan, maka lowongan kerja dapat dipublikasikan pada koran harian bisnis. Sedangan pada media elektronik, dapat menggunakan jasa internet dalam situs-situs lowongan kerja yang banyak dikunjungi atau mengiklankan lowongan pekerjaan secara gratis dalam iklan baris. Jangan lupa berikan batas waktu pengiriman aplikasi lamaran.
4. Jika Anda mengutamakan pengalaman kerja, maka dapat mengandalkan jaringan atau asosiasi seprofesi. Sehingga Anda dapat mempublikasikan lowongan kerja perusahaan Anda secara lisan kepada rekanan. Hal ini merupakan cara efektif yang dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya publikasi, serta memperoleh arahan atau rekomendasi atas pegawai berpengalaman dan memiliki penampilan menarik seperti yang dibutuhkan.
5. Meminta bantuan dari suatu perusahaan outsourcing yang terpercaya. Pemanfaatan jasa outsourcing dalam perekrutan pegawai baru banyak dilakukan oleh perusahan-perusahaan di Indonesia. Sebab dengan memanfaatkan jasa outsourcing maka dapat menghemat biaya dan waktu, serta perusahaan tetap fokus pada kegiatan bisnis utamanya.
6. Memperoleh pegawai baru dapat dilakukan dengan mengikuti pameran lowongan kerja atau “job fair” yang biasanya dilakukan oleh lembaga pendidikan atau lembaga pemerintahan (DEPNAKER). Selain dapat mempublikasikan lowongan kerja, Anda dapat bertatap muka dengan pelamar. Sehingga Anda dapat berkomunikasi langsung dengan pelamar pekerjaan dengan menjelaskan jenis perusahaan, deskripsi pekerjaan, hingga kriteria yang dibutuhkan. Setelah memperoleh aplikasi dari pelamar, maka Anda dapat langsung melakukan wawancara permulaan dengan calon pegawai yang memiliki pengalaman kerja dan penampilan menarik serta berkemampuan seperti yang dibutuhkan.
7. Setelah menerima aplikasi dari pelamar pekerjaan, dilanjutkan dengan proses perekrutan. Melakukan review dari setiap aplikasi lamaran secara hati-hati, dilanjutkan dengan melakukan tes kognitif atau tes tertulis, serta wawancara. Kemudian membuat daftar kandidat terbaik dari calon pegawai yang terpilih dan memeriksa referensi secara hati-hati. Langkah terakhir dengan melakukan tahap wawancara dan membuat keputusan akhir tentang pegawai baru perusahaan tersebut.

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar